w Puaskan Makan di Boat Noodle - www.isulongseoph.org
kuliner

Puaskan Makan di Boat Noodle

Boat Noodle
Written by worge1983@mail.ru
Boat Noodle

Boat Noodle

 

Kamu suka makan dengan porsi yang besar? Cobalah mampir ke sini. Ada mie yang lembut dengan perpaduan kuah ala Thailand yang nikmat dan sedap. Dari segi harga, dijamin terjangkau karena semangkuknya dihargai Rp. 8.500. Hmm… Mau mencobanya?

Restoran itu bernama Boat Noodle. Tempat yang satu ini kiranya wajib kamu coba karena sedang hits di kalangan para pencinta kuliner. Beragam hidangan mie khas Thailand yang memiliki cita rasa gurih dan sedap disajikan di sini. Porsinya memang kecil, jadi untuk kamu yang doyan makan, kamu harus membeli beberapa mangkuk untuk dapat bikin kenyang perut.

Dalam bahasa Thailand Boat Noodle berarti Kuaitiao Ruea. Sajian yang satu ini adalah mie dengan gaya Thailand ditambah cita rasa yang kuat. Biasanya isiannya berupa daging sapi yang dipadukan kecap hitam, acar kacang dan beberapa rempah-rempah lainnya. Perlengkapannya berupa hati sapi atau bakso.

Dirunut dari sejarahnya, Boat Noodle atau mie perahu ini sebenarnya sudah disajikan sejak zaman Plaek Phibunsongkhram di tahun 1942 dan disajikan pula di dalam kapal yang melintasi Bangkok. Di zaman itu, seorang menjual mie menggunakan perahu kecil yang mana merupakan satu-satunya orang yang berjualan di sebuah kapal kecil. Dia mesti melakukan apapun sendiri, mulai dari mendayung perahu, menuangkan sup, menaruh mie, dan menerima uang hingga mencuci piring.

Maka bila isi dan mangkuknya berukuran besar, tentu saja akan susah diberikan kepada pelanggan dan kemungkinan tumpah akan sangat besar. Inilah yang menjadi alasan mengapa mangkuk Boat Noodle dibuat kecil yang dikarenakan demi kenyamanan dan juga demi keamanan sang penjual.

Nah, mungkin dari situlah konsep yang menginspirasi restoran ini. Boat Noodle yang berada di Gandaria City dan menyajikan mie Thailand, somtam, Chicken wings, sangkaya sampai aneka minuman dingin.

Mencoba rice noodle dan egg noodle dengan perpaduan kuah pathumtani dan ayutthaya adalah kunci. Mie beras yang bertekstur lembut dipadukan bersama dengan kuah pathumtani yang berwarna kecoklatan. Aroma kuah rempahnya yang kuat dengan rasa daun ketumbar yang begitu dominan dan juga mempunyai sensasi asamnya. Bakso dari irisan daging sapinya ini juga menambah rasa gurih yang enak dan lezat pada sajian ini.

Berbeda dengan mie telur yang terasa kenyal dan dipadukan bersama dengan kuah ayutthaya dan juga suwiran ayam dan bakso ikan. Kuah ayutthaya lebih banyak disukai karena lebih creamy dan mempunyai rasa rempah yang tak terlalu kuat namun tetap gurih. Ayutthaya ini menggunakan campuran santan pada kuahnya, maka dari itu sangat berbeda dengan Pathumtani yang lebih berlimpah.

Disajikan dalam mangkuk yang cukup besar, hanya saja isinya cukup sedikit sepertinya hanya sekitar 3-4 sendok saja. Dijual dengan harga Rp. 8.500, sepertinya kamu tidak cukup menghabiskan satu mangkuk. Butuh beberapa mangkuk. Jangan lupa campur dengan bubuk cabe, kecap asin hingga racikan bumbu lain yang tersedia di meja agar makin sedap.

 

Selain sajian mie, kamu juga bisa menikmati chicken wings seharga Rp. 26.818 yang bisa dicocol dengan saus Thailand yang asam dan manis dan cenderung sedikit pedas. Sedangkan sangkaya dihargai sekitar Rp. 34.545 yang mana potongan roti tawarnya yang dikukus dan dicocol dengan saus srikaya yang legit dan lembut akan bikin kamu kenyang.

Setelah itu cobalah segarkan dengan Thai Iced Lemon Tea dengan rasanya yang segar dan Coconut Blend yang mempunyai rasa unik. Nah, jika kamu yang mencobanya, kira-kira kamu bakalan menghabiskan berapa mangkok? Hmm… Jangan sampai salah, Boot Noodle ini berada di Gandaria City Mall Lantai UG dan buka dari jam 10.00 – 22.00 WIB.